Pra Konfercab IPNU/IPPNU Kecamatan Cikarang Utara


Sowan adalah tradisi santri berkunjung kepada kyai dengan harapan mendapatkan petunjuk atas sebuah permasalahan yang diajukannya, atau mengharapkan do’a dari kyai atau sekedar bertatap muka silaturrahim saja. Seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah saw bahwa bersilaturahim dapat menjadikan umur dan rezeki bertambah panjang. Sowan dapat dilakukan oleh santri secara individu atau bersama-sama. Biasanya seorang kyai akan menerima para tamu dengan lapang dada.

Sowan tidak hanya dilakukan oleh santri yang masih belajar di pesantren. Banyak santri yang telah hidup bermasyarakat dan berkeluarga mengunjungi kyainya hanya sekedar ingin bersalaman semata. Atau sengaja datang membawa permasalahan yang hendak ditanyakan kepada kyai tentang berbagai masalah yang dihadapinya.

Hal ini menjadikan bahwa hubungan kyai santri tidak pernah mengenal kata putus. Kyai tetap menjadi guru dan santri tetap menjadi murid. Dalam dunia pesantren istilah alumni hanya menunjuk pada batasan waktu formal belaka, dimana seorang santri pernah belajar di sebuah pesantren tertentu. Tidak termasuk di dalamnya hubungan guru-murid. Meskipun telah manjadi alumni pesantren A, seseorang akan tetap menjadi santri atau murid Kyai A.

Kegiatan di atas senada yang lakukan oleh para pengurus PAC (Pimpinan Anak Cabang) IPNU-IPPNU Kecamatan Cikarang Utara yang bersekretariat di sekolah Madrasah Nurul Hidayah Kavling Kali Ulu Desa Karang Raharja Kecamatan Cikarang Utara. Pada 24/11/20.

Jelang pelaksanaan Konferensi Anak Cabang (Konferncab), Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Cikarang Utara. Kegiatan yang dipusatkan di kediaman Madrasah Nurul Hidayah ini diikuti oleh semua pengurus IPNU/IPPNU dan semua anggota se Karang Raharja,  konfercab ini bertujuan mengevaluasi, membahas dan merumuskan agenda organisasi dalam waktu dua tahun ke depan, melaksanakan suksesi kepengurusan masa khidmat berikutnya dan membangun konsolidasi organisasi yang solid, berdaya dan memiliki keunggulan kompetitif.


Mengingat pentingnya acara ini para pengurus dan panpel konfercab IPNU yang di ketuai Nizar berkunjung ke beberapa tokoh NU setempat guna diminta doa restu serta dukungannya baik moril maupun arahan nasihatnya mengingat IPNU adalah salah satu banom (badan otonom) atau minjem bahasa cucu dari struktural NU.

Tentunya hasil dari sowan ke para sesepuh NU sangat banyak manfaatnya salah yang didapat oleh para pelajar NU (IPNU/IPPNU) mereka  berjalan sendiri dalam menjalankan proker sebab tetep dikawal oleh ansor berikut NU sebagai orang tua mereka. Pun para orang tua (NU ) merasa bangga dan serta bahagia hingga kini para kaum remaja sudah mulai muncul berkiprah kegiatan positif melalui di NU khususnya wilayah Cikarang Utara. Sebab hal ini baru muncul organisasi setingkat remaja yang bergerak di NU, "mudah-mudahan kedepan muncul ranting-ranting IPNU-IPPNU di tingkat desa-desa seperti halnya di NU, mari bersama-sama sukseskan kegiatan ini berjuang satu kapal berhidmat di NU". Tutur Ust Romdhoni yang ditemui dikediamannya.

#Salam Ngopi Nusantara
#Redaktur MWC NU Cikarang Utara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PCNU Bekasi kembali Buka acara PD-PKPNU Angkatan ke lV

Notulen Rapat Pra MUSKER (Musyawarah Kerja) MWC NU Cikarang Utara Season 02

Musyawarah Kerja Panpel Pelantikan Pengurus MWC NU Cikarang Utara.